Desain Rumah Minimalis dengan Dapur Unik

Dapur di rumah minimalis adalah bagian integral dari sebuah rumah tinggal. Oleh sebab itu, kenyamanan dapur ikut mempengaruhi kenyamanan rumah secara keseluruhan. Pada dasarnya, dapur dalam desain rumah minimalis modern 1 lantai sedikit berbeda dari dapur di rumah 2 lantai. Di rumah 1 lantai, dapur menjalankan fungsi secara utuh, sedangkan di rumah 2 lantai, biasanya ada 2 dapur yang fungsinya sedikit berbeda.
Dapur minimalis dengan rak minuman unik
Dapur minimalis dengan rak minuman unik

Dapur dalam desain rumah minimalis modern 1 lantai

Dalam rumah minimalis 1 lantai, dapur berfungsi secara utuh sebagai tempat di mana makanan dan minuman disiapkan dan dihidangkan untuk keluarga. Layaknya rumah bergaya minimalis modern yang luasannya terbatas, dapur dan ruang makan biasanya berdekatan, dan bahkan diletakkan di satu ruangan dengan dua fungsi yang dipisahkan, bisa dengan sekat non-permanen atau bahkan tanpa sekat sama sekali.
Jika anda sedang merencanakan dapur sebagai bagian dari desain rumah minimalis modern 1 lantai, maka dapur di Gore Street Residence karya Jones Architecture di Houzz.com dapat menjadi inspirasi bagi anda. Dapur berdesain memanjang ini berdekatan dengan ruang cuci-setrika (mudroom). Begitu memasuki area dapur, anda akan disambut oleh sebuah cabinet penyimpanan minuman yang berukuran minimalis di salah satu sudut.
Area dapur dirancang tanpa sekat
Area dapur dirancang tanpa sekat
Cabinet minimalis inilah yang membuat interior rumah minimalis 1 lantai ini menjadi unik. Biasanya, cabinet atau rak minuman diletakkan tersendiri. Namun, rak minuman di dapur ini seolah menyatu dengan dinding, apalagi dengan aplikasi warna yang seragam. Selain itu, bisa terlihat bahwa dapur ini tidak menggunakan sekat antara ruang masak dan ruang makan. Hal ini memang lumrah terjadi di sebuah rumah berdesain minimalis.
Desain dapur minimalis dengan kapasitas penyimpanan maksimum
Desain dapur minimalis dengan kapasitas penyimpanan maksimum

Fungsi Dapur di Interior Rumah Minimalis 1 Lantai

Interior dapur rumah minimalis ini terlihat begitu menyenangkan. Meski warna yang digunakan didominasi warna terang dan lampu-lampu pendukung, mata penghuninya akan tertuju dengan aplikasi warna orange di salah satu sudut dapur serta desain meja kompor yang unik. Berbeda dengan dapur pada umumnya, di mana meja kompor biasanya diletakkan berdekatan dengan dinding, di dapur minimalis ini, meja kompor justru diletakkan sebagai bagian dari kitchen island, yakni di atas meja dengan permukaan kayu yang terletak di tengah dapur rumah minimalis modern ini.
Tata ruang dapur dirancang secara apik untuk memudahkan akses
Tata ruang dapur dirancang secara apik untuk memudahkan akses
Sekilas, meja dengan permukaan kayu ini terlihat seperti meja makan dilengkapi kursi. Sebenarnya, ini adalah meja kompor yang diberi lapisan tatahan batu sedemikian apik. Tentunya, memasak menjadi aktivitas yang menyenangkan di ruangan ini. Akses anda ke semua perkakas dan peralatan yang diperlukan dirancang sedemikian rupa, sehingga anda bisa menjangkau semuanya dengan mudah.

Desain Dapur Rumah Minimalis Modern


Desain dapur minimalis dengan kapasitas penyimpanan maksimum
Pada dasarnya, rumah bergaya minimalis mengutamakan kepraktisan, demikian juga dengan desain dapurnya. Se seperti terlihat, saat memasak, anda tidak harus mondar-mandir di saentero ruangan untuk menjangkau peralatan seperti sendok, bahan makanan, atau air, karena semuanya ditata sedemikian rupa. Meja kompor diletakkan berhadapan dengan bak cuci yang bagian bawah maupun atasnya dirancang sebagai tempat penyimpanan dan dilapisi keramik untuk melindungi ketahanan struktur dinding. Di hadapan anda, terdapat lemari es berukuran besar untuk menyimpan bahan makanan.
Desain dapur rumah minimalis modern ini memang sangat praktis dengan ruang penyimpanan yang sangat optimal. Hampir semua sisi ruangan dihiasi rak atau cabinet yang menjangkau hingga ke plafon. Bisa dibayangkan bahwa dapur yang merupakan bagian dari desain rumah minimalis modern 1 lantai minimalis ini dapat menyimpan berbagai jenis barang, apalagi jika rumah anda tidak memiliki gudang khusus.

Desain dapur rumah minimalis modern 1 lantai

Dapur minimalis terkesan menyenangkan dengan permainan warna
Dapur minimalis terkesan menyenangkan dengan permainan warna
Konsep minimalis terlihat jelas di sini. Aplikasi warna cerah dan pencahayaan yang cukup (meski bukan cahaya alami) memberikan kesan lapang area dapur. Namun, ‘kesunyian’ yang anda rasakan akan terpecahkan oleh sebuah dinding pemisah yang diberi aplikasi warna terang dan gelap, dan menjadi salah satu focus pandangan ketika anda memasuki area dapur. Kemudian, permukaan kayu di meja kompor dan lantai dengan warna kayu membuat kesan natural tidak hilang. Sayangnya, pemilik tidak menyediakan akses outdoor view, sehingga pencahayaan di area dapur mesti tergantung kepada energy listrik dan pemilik harus menyiapkan beberapa lampu di setiap sudut ruangan untuk menghasilkan cahaya dengan intensitas yang cukup.
Namun secara umum, desain rumah minimalis modern 1 lantai dengan dapur multi-guna ini dapat menjadi inspirasi bagi anda yang sedang merancang hunian berdesain minimalis dan praktis.